Pengertian dan Fungsi Daftar Pustaka - Definisi daftar pustaka atau bibliografi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.
Menurut Gorys Keraf (1997: 213), daftar kepustakaan atau bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan yang tengah digarap. Melalui daftar pustaka yang disertakan pada akhir tulisan, para pembaca dapat melihat kembali sumber aslinya.
Fungsi Daftar Pustaka
- Memberikan informasi bahwa pernyataan di dalam tulisan tersebut bukan merupakan hasil rekayasa penulis, melainkan memiliki sumber (pemikiran) orang lain yang memang ahli di bidangnya.
- Memberikan arah bagi para pembaca yang ingin meneruskan kajian atau untuk melakukan pengecekan ulang terhadap sumber dari pernyataan-pernyataan yang ada di dalam tulisan tersebut.
- Memberikan apresiasi kepada sumber (pakar atau penulis) yang menjadi rujukan dalam penulisan tersebut.
- Menghindari kegiatan plagiat (meniru/menduplikasi) tulisan orang lain.
Meskipun letaknya yang berada di akhir penulisan, jangan sepelekan keberadaan daftar pustaka di dalam tulisan anda. Daftar pustaka memiliki unsur-unsur penulisan tersendiri, tetapi masih banyak dijumpai daftar pustaka yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka.
Lalu bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar?
Sekian tulisan kami mengenai Pengertian dan Fungsi Daftar Pustaka yang dapat kami informasikan. Semoga tulisan ini dapat membantu anda untuk lebih memahami pengertian dan fungsi daftar pustaka.
Salam
Ditulis Oleh :
Alfin Fauzan
~ Basasindo